Lanudal Tanjungpinang Siapkan Layanan Pangkalan Dukung Evakuasi Pesud TNI AL - GUGUAH SE

Kamis, 13 Juni 2024

Lanudal Tanjungpinang Siapkan Layanan Pangkalan Dukung Evakuasi Pesud TNI AL

TNI AL-Dispen Puspenerbal (13/6/2024) | Lanudal Tanjungpinang menyiapkan layanan pangkalan untuk mendukung proses evakuasi jenazah Kolonel Laut (P) Saryanto, Kas Guspurla Koarmada I dengan menggunakan Pesawat Udara TNI AL Casa NC 212 200 MPA dengan rute Lanudal TPl-Lanudal Matak-Lanudal TPl-Lanudal Jakarta kemarin.

Proses keberangkatan dan transit Pesud TNI AL Casa NC 212 200 MPA mulai dari keberangkatan, kedatangan dan keberangkatan kembali  Pesud tersebut memerlukan dukungan administrasi dan logistik, sehingga pelaksanaan dapat berlangsung aman, lancar dan tercapainya keselamatan terbang dan kerja.

Sesaat setelah menerima informasi dari Captain pilot tentang rencana terbang, Konandan Lanudal Tanjungpinang Kolonel Laut (P) Triwibowo  memerintahkan para Kasatker jajarannya untuk memberikan dukungan, mulai dari Staf Iperasi menyiapkan dukungan pelayanan terbang dan _ground support equipment.

Satuan Perbekalan mendukung kebutuhan Avtur sesuai permintaan, Balai pengobatan melaksanakan dukungan kesehatan berupa pengecekan kondisi crew Pesud melalui pengukuran tekanan darah dan satuan provost dan Satuan pengamanan untuk mengamankan pejabat yang transit/ singgah di gedung Vip Lanudal untuk memberi penghormatan.

Pesawat Udara Casa Patmar BKO Guspurla Koarmada I melaksanakan penerbangan dari Lanudal Tanjungpinang menuju Lanudal  Matak, kembali ke Lanudal Tanjungpinang dan terbang kembali menuju Lanudal Jakarta.

Lamanya penerbangan  mulai dari siang hari sampai malam hari saat mendarat di Lanudal Pondok Cabe tentunya memerlukan dukungan logistik yang cukup.

Tampak beberapa pejabat yang hadir di Lanudal Tanjungpinang antara lain Danguspurla Koarmada I, KS Koarmada I, Danlanudal Tanjungpinang, Danwing Udara 1, Danlanal Bintan untuk memberikan penghormatan dan mengantar keberangkatan Jenazah.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda