Perwira Koarmada III Refreshing Latihan Scuba Diving - GUGUAH SE

Jumat, 19 Juli 2024

Perwira Koarmada III Refreshing Latihan Scuba Diving

TNI AL/ Koarmada III | Untuk mengingat kembali pengetahuan Scuba baik teori maupun praktek tentang cara menggunakan peralatan Scuba di kolam maupun perairan terbuka (laut), Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI Hersan, S.H., M.Si., M.Tr. Opsla., memerintahkan Kepala Dinas Penyelamatan Bawah Air (Kadislambair) Koarmada III Kolonel Laut (T) Rachmana Fajar A.,S.T.,M.T.,M.Tr.Hanla, untuk  melaksanakan Refreshing Latihan Scuba atau kegiatan menyelam di bawah air menggunakan peralatan scuba (Self-Contained Underwater Breathing Apparatus), bagi Perwira Mako Koarmada III. Jumat (19/07/24).

Dikatakan Kadislambair Koarmada III, bahwa latihan tersebut dilaksanakan di Kolam Renang Tirto Sagoro 06, dan perairan sekitar dermaga Koarmada lll selama lima hari, dengan materi pengetahuan Scuba, komunikasi atau isyarat bawah air, pengenalan peralatan selam scuba, praktek cara merangkai scuba set, praktek renang gaya bebas 200 meter, merangkai scuba set, water entry, masker clearing, mouthpiece clearing, water trapen, body breathing serta praktek di laut dengan menyelam di sekitar dermaga Koarmada IIl dan Pulau Lemon perairan Sorong.

Selain itu Kadislambair Koarmada III juga menyampaikan sasaran latihan ini adalah peserta pelatihan dapat memahami pengertian tentang scuba dan mengerti isyarat bawah air, peralatan dasar pada penyelaman scuba dan mampu merangkai sendiri alat selam scuba, serta dapat melaksanakan penyelaman dengan alat selam scuba terbuka sesuai prosedur dengan baik dan benar di kolam maupun  perairan terbuka (laut).

Pada bagian lain di tempat terpisah Pangkoarmada III menyampaikan agar peserta dapat serius dalam mengikuti pelatihan ini, karena menyelam bukan hanya sekedar menggunakan alat untuk menyelam ke dalam air, namun harus mengikuti aturan yang benar dan aman, agar resiko dalam kegiatan penyelaman dapat terhindarkan, sehingga dengan pengetahuan dan latihan ini akan sangat bermanfaat dalam melaksanakan tugas TNI Angkatan Laut.

Selain itu, latihan ini adalah salah satu implementasi dari program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., dalam bidang pengembangan SDM TNI Angkatan Laut yang unggul dan professional, serta untuk meningkatkan kemampuan TNI Angkatan Laut dalam menghadapi berbagai ancaman dan penugasan, ungkap Pangkoarmada III.

Kadispen Koarmada III/  Kolonel Laut (KH) R Doni Kundrat

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda