Pesta Rakyat Nelayan dan HUT Karaeng Loe Jamarang di KBN Lantamal VI - GUGUAH SE

Senin, 22 Juli 2024

Pesta Rakyat Nelayan dan HUT Karaeng Loe Jamarang di KBN Lantamal VI

TNI AL, Lantamal VI, 22 Juli 2024 | Takalar, Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) Makassar bersama masyarakat Jamarang melaksanakan Pesta Rakyat Nelayan dan merayakan HUT Karaeng Loe Jamarang yang berlangsung di Kampung Bahari Nusantara (KBN) Lantamal V yang beralamat di Jamarang, Kelurahan Bontolebang Kecamatan Galesong utara, Kabupaten Takalar Prov. Sulawesi Selatan (Sulsel), Senin (22/07/2024).

Acara tersebut berlangsung selama 2 hari mulai dari tanggal 21 s.d. 22 Juli 2024 yang menampilkan berbagai perlombaan diantaranya Lomba Tarian SMP/SMA/SMK dan Umum yang diikuti dari Kabupaten Takalar dan Kabupaten Jeneponto serta Kabupaten Bantaeng, Lomba Permainan Tradisonal, Lomba Tarik Tambang, Lomba Melukis/Mewarnai Perahu Fiber, Lomba Aru Puisi Makassar, Lomba Perahu Katinting Fiber dan menampilkan atraksi berupa Pencak Silat dari berbagai daerah, atraksi Paraga atau permainan bola Takraw, atraksi Rempa Gendang, tinju amatir dan puisi anak nelayan.

Kegiatan ini juga menampilkan pameran benda pusaka dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Takalar, dan bersih pantai.

Pada hari Senin tangal 22 Juli 2024, dilaksanakan juga acara Appalili (Acara Adat) yaitu menziarahi makam karaeng yang ada di kampung Jamarang dan membawa benda – benda pusaka peninggalan karaeng (leluhur) diiringi dengan gendang dan pui-pui yang dikawal oleh prajurit (Pemuda – Pemudi) yang berpakaian adat.

Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Makassar Brigadir Jenderal TNI (Mar) Andi Rahmat M, selaku pelindung dan penasehat acara ini menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tradisi tahunan yang dikemas dalam Gelaran Tradisi & Budaya Maritim (Pesta Nelayan) Kampung Bahari Nusantara Jamarang yang dilakukan oleh Warga Jamarang sebagai bentuk Rasa Syukur kepada Allah SWT dirangkaikan dengan peringatan HUT Karaeng Loe Jamarang dengan mengambil tema "Lestarikan Budaya untuk Takalar yang Bermartabat dan menuju Destinasi wisata budaya dan Bahari Nasional.

“Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk melestarikan budaya sebagai pengikat dan simbol silaturahmi antar Pemerintah, Keluarga dan masyarakat sekitarnya dengan tetap mempertahankan Adat dan Budaya sebagai jati diri Bangsa Indonesia serta menjadikan destinasi Wisata Budaya dan Bahari Nasional agar Masyarakat lebih mencintai dunia kemaritiman”, ujar Danlantamal VI Makassar.

Dalam acara ini, Danlantamal VI Makassar berkesempatan memberikan hadiah bergilir kepada pemenang lomba yang dilanjutkan dengan pemberian bingkisan sembako kepada Masyarakat.

Hadir dalam acara ini, Asintel Danlantamal VI, Aslog Danlantamal VI, Aspotmar Danlantamal VI, Kadispotmar Lantamal VI, Danpomal Lantamal VI, Danyonmarhanlan VI, Bupati Takalar, Kadis Pariwisata Sulsel, Kadis Perikanan dan Kelautan Sulsel, Kepala Balai Pelestarian Budaya Sulsel, Kadispora Sulsel, Kapolres Takalar, Dandim 1426 Takalar, Kadis Pariwisata Takalar, Kadis Dispora Takalar, Kadis Perikanan dan Kelautan Takalar, Danposal Takalar, Camat Galesong Utara, Lurah Bontolebang dan Kepala Lingkungan Jamarang.

#tnial_lantamalvi

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda