SMK Hang Tuah 1 Jakarta Laksanakan MPLS TP. 2024/2025 - GUGUAH SE

Selasa, 09 Juli 2024

SMK Hang Tuah 1 Jakarta Laksanakan MPLS TP. 2024/2025

Jakarta, (09/07) | Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah /MPLS bagi siswa baru di SMK Hang Tuah 1 Jakarta dilaksanakan selama 3 hari (8-10 Juli). Pembukaan MPLS tersebut berlangsung di  halaman sekolah  oleh Ketua Umum Yayasan Hang Tuah  Laksda (Purn)  Dr. Dani Achdani, S.Sos., S.E., M.A.P,  (08/07/24).

MPLS TP.2024/2025 SMK Hang Tuah 1 Jakarta mengambil tema :  “Melalui Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Kita Wujudkan Peserta Didik Yang Siap Mengikuti Pembelajaran Menuju Profil Pelajar Pancasila dan B, M, W (Bekerja, Melanjutkan Kuliah, Dan Wirausaha)”.

Sebanyak 239 siswa baru TP.2024/2025 mengikuti MPLS yang direncanakan selama 3 hari dengan materi yang di sampaikan oleh  Pengurus Inti Yayasan Hang Tuah, Yonmarhanlan Jakarta, Polsek Kelapa Gading, Mitra Industri, Alumni SMK Hang Tuah 1 serta Bapak / Ibu Guru SMK Hang Tuah 1 Jakarta.

Ketua Umum Yayasan Hang Tuah Laksda (Purn)  Dr. Dani Achdani, S.Sos., S.E., M.A.P, dalam sambutannya menyampaikan  bahwa    ada pepatah yang mengatakan  “ Tak Kenal, maka Tak Sayang”. Untuk itulah melalui   kegiatan MPLS ini adalah momentum yang tepat bagi Peserta Didik Baru untuk mengenal sekolah dan lingkungannya. Mulai dari kurikulum pembelajaran, guru-guru dan karyawan, sarana prasarana sekolah, perpustakaan, laboratorium, ekstrakurikuler, program-program unggulan dan sebagainya. Dengan 16 mata ekskul maka diharapkan mampu mengakomodasi minat dan bakat kalian, dan apabila ada saran masukan mengenai mata ekskul yang belum ada, dapat kalian sampaikan kepada Kepala Sekolah. Hal ini penting sebagai informasi yang akan memperkuat keyakinan untuk memotivasi agar lebih giat belajar dan bersungguh-sungguh menggapai masa depan yang lebih baik. SMK Hang Tuah 1 memiliki jargon bahwa lulusannya harus B,M W artinya lulusan dari SMK Hang Tuah 1 Jakarta harus bisa Bekerja, atau Melanjutkan Kuliah atau ber Wirausaha.

Kasatdik SMK Hang Tuah1 Bahrudin, S.Pd di depan Ketum YHT melaporkan bahwa , kegiatan MPLS bagi siswa baru TP.2024/2025 akan berlangsung selama 3 hari dengan penyampaian beberapa materi antara lain : 

Profil Satuan Pendidikan  meliputi :  Wawasan Wiyata Mandala, Pengenalan Lingkungan dan Sarana/Prasarana Sekolah , Pengenalan Kurikulum ,  Pengenalan Kompetensi Keahlian, Pengenalan Dunia Usaha dan Industri , Pengenalan Tata Tertib Siswa dan Prestasi Sekolah Pembentukan karakter meliputi : Profil Pelajar Pancasila, Penguatan Pendidikan Karakter Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) meliputi :  Penguatan pendidikan lingkungan hidup dan pengenalan program satuan pendidikan yang bersih, hijau, sehat, aman, nyaman, dan menyenangkan,  Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) Serta pesan hidup sehat tanpa narkoba. Penguatan Kesadaran Bela Negara yang di isi dengan  Pengenalan Budaya Jakarta.

Kesemua materi tersebut di sampaikan kepada seluruh siswa baru TP.2024/2025 SMK Hang Tuah 1 Jakarta yang terbagi dalam  5 jurusan, jurusan Akutansi dan keuangan Lembaga, Manajemen Perkantoran, Pemasaran, Desain Komunikasi Visual dan Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim.

Disela-sela upacara pembukaan MPLS tersebut Ketum YHT melaksanakan penyematan tanda peserta MPLS kepada perwakilan peserta yang di saksikan seluruh siswa baru peserta MPLS dan undangan yang hadir.

Turut hadir dalam kegiatan ini :     Anggota Pembina  Bidang Umum  YHT Laksma   (Purn)  Dr. Ir. Trismadi, M.Si., IPU,  Anggota  Pengawas   YHT Laksma (Purn) Nanang Eko Ismurdianto, S.Sos., M.M., C. Fr.A., CRMP, Sekertaris  YHT Eka Agustina , A.Md,  Kabidbang  YHT Kol (Purn) Zaenal Abidin Irawan, S.H., M.H,   Bendahara  YHT  Dra. Erni Megawati, Pengurs inti Cabang Jakarta Yayasan Hang Tuah, Plh Kapeng Cabang Jakarta Yayasan hang Tuah Kol (Purn)  Regeng Pramono, S .Kom., M.M, Sekertaris Cabang Jakarta YHT Kol (Purn) Dra. Ririn  Susilowati, M.M.,CHRMP,  Bendahara Evi Puspita Syahri, Kabiddik Meyta Nurlita, S.Hum, Kabidbang  Kolonel (Purn) Dra. Martatik Widiyati, M.M., CHRMP serta seluruhbguru dan karyawan SMK Hang Tuah 1 Jakarta.

(yht/dar)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda