TNI AL, Koarmada III Wujudkan Ketahanan Pangan Dukung Petani Kab Sorong - GUGUAH SE

Rabu, 10 Juli 2024

TNI AL, Koarmada III Wujudkan Ketahanan Pangan Dukung Petani Kab Sorong

TNI AL/ Koarmada III | Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI Hersan, S.H., M.Si., M.Tr. Opsla yang didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armada III, Ny Dita Hersan, menghadiri panen raya serentak Cabai dan Mentimun, bersama dengan  Forkopimda Kab Sorong Papua Barat Daya, bertempat di  kelurahan Majener dan Kelurahan Matawolot, Distrik Salawati, Kabupaten Sorong Papua Barat Daya. Rabu (10/07/24).

Adapun kegiatan tersebut dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia yang merupakan Program Ketahahan Pangan TNI Angkatan Laut, dimana pelaksanaan secara terpusat di Lampung yang dihadiri Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI, Erwin S.Aldhedarma dan Menteri Pertanian  Republik Indonesia Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman, yang  tersambung secara virtual di seluruh satuan TNI AL.

Dalam sambutannya Pangkoarmada III menyampaikan kegiatan panen bersama ini merupakan suatu wujud dari sinergitas dan kemanunggalan TNI AL dalam hal ini Koarmada III dengan rakyat dalam mewujudkan program pembinaan pertahanan wilayah sebagai salah satu perwujudan dari tugas TNI dalam upaya membantu pemerintah di daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Lebih lanjut Pangkoarmada III berharap kegiatan pembinaan wilayah pertahanan ini berlanjut sehingga dapat memberikan manfaat yang positif  bagi seluruh masyarakat diwilayah lain serta secara umum mampu mengubah pola pikir Prajurit Koarmada III dan masyarakat ke arah kehidupan yang lebih baik.

Selanjutnya pada kesempatan tersebut Pangkoarmada III secara simbolis menyerahkan alat pertanian berupa tangki semprot kepada petani setempat dan melaksanakan panen bersama yang diikuti seluruh tamu undangan pada lahan ketahanan pangan Koarmada III di Kampung Majener dan Matawolot Kab Sorong yang menghasilkan panen cabai dan mentimun.

Adapun kegiatan program ketahanan pangan ini merupakan program pusat yang ditindaklanjuti untuk keberlangsungan kehidupan masyarakat Indonesia bisa terbebas dari krisis pangan, atas prakarsa Pemerintah Pusat dan Daerah, yang melibatkan seluruh komponen baik perangkat Desa atau Kelurahan, para penyuluh dan masyarakat yang telah ikut dalam program Ketahan Pangan, dan peran serta Babinpotmar, Babinsa, Babinkabtimnas dan Linmas khususnya di Kelurahan Majener dan Kelurahan Kab Sorong  Papua Barat Daya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Inspektur Koarmada III Laksamana Pertama TNI Azil Sadagori Achmad, S.A.P., CRMP, Kapoksahli Koarmada III Laksamana Pertama TNI Ridwan Prawira, S.T., M.Han., Pejabat Utama, Kasatker, Komandan Satuan Koarmada III, dan Pengurus Daerah Jalasenastri Armada III  serta Forkopimda Kab Sorong Papua Barat Daya.

Kadispen Koarmada III/ Kolonel Laut (KH) R Doni Kundrat

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda