Unsur Kapal Perang Koarmada III, KRI Dorang-874 Ikuti Latma Cassoex 2024 di Australia - GUGUAH SE

Selasa, 16 Juli 2024

Unsur Kapal Perang Koarmada III, KRI Dorang-874 Ikuti Latma Cassoex 2024 di Australia

TNI AL/ Koarmada III | Kepala Staf Koarmada III   Laksamana Pertama TNI Singgih Sugiarto, S.T., M.Si.,  yang didampingi Pejabat Utama, Komandan Satuan dan Kasatker Koarmada III, bertempat di Dermaga Mako Koarmada III, Katapop Kabupaten Sorong Papua Barat Daya, melepas unsur Kapal Perang Koarmada III yaitu KRI Dorang-874 yang akan mengikuti Latihan Bersama (Latma) Cassowary Exercise (Cassoex) 2024 dengan Royal Australian Navy (RAN) dalam beberapa waktu kedepan. Selasa (16/07/24).

Dalam sambutan tertulis Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI Hersan, S.H., M.Si., M.Tr. Opsla., yang dibacakan Kepala Staf Koarmada III mengatakan bahwa Cassowary Exercise (Cassoex) 2024 adalah Latihan Bersama  Bilateral TNI-AL – Royal Australian Navy  (RAN),  yang diselenggarakan secara periodik setiap tahunnya.

Latihan Bersama Cassoex 2024 diperlukan sebagai media untuk meningkatkan kemampuan, profesionalisme dan interoperabilitas serta kerjasama militer dalam patroli keamanan maritim wilayah perbatasan Indonesia – Australia, ungkap Pangkoarmada III.

Keikutsertaan TNI-AL dalam misi Cassoex 2024 menunjukkan kepada masyarakat internasional, bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang mencintai dunia yang tertib, damai dan berkeadilan, hal ini, merupakan implementasi nyata dari cita-cita bangsa Indonesia, oleh karena itu,  merupakan  suatu kebanggaan dan kehormatan bagi para prajurit yang telah terpilih untuk mendukung Latihan Bersama Cassoex 2024 kali ini yang akan diwakili oleh KRI  Dorang-874 dengan komandannya Mayor Laut (P) Hermes R Simanjuntak, S.E., M.Tr.Opsla., untuk mengemban tugas mulia tersebut.

Lebih lanjut diakhir sambutannya Pangkoarmada III memberikan beberapa penekanan yang harus dipedomani dalam pelaksanaan tugas tersebut, diantaranya agar selalu meningkatkan terus kualitas iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga dalam setiap tugas, akan senantiasa mendapatkan petunjuk, bimbingan, dan perlindungan-Nya, dan pahami dengan baik setiap tugas yang diberikan dengan berpedoman pada Standart Operation Prosedure (SOP) maupun Rule Of Engagement (ROE) yang berlaku serta mitigasi resiko pada setiap kegiatan untuk mencegah timbulnya resiko kerugian personel dan material yang tidak perlu.

Serta mengigatkan bahwa selama  melaksanakan misi Latihan Bersama Cassoex 2024,  para  Prajurit adalah perwakilan Negara Indonesia yang akan bekerja sama dengan Negara Australia, untuk itu, tampilkan yang terbaik dengan cara memahami dan melaksanakan tugas dengan baik, jaga nama baik Bangsa Indonesia dengan tidak melakukan pelanggaran sekecil apapun, tegas Pangkoarmada III.

Adapun sebelum pelepasan, Komandan  KRI  Dorang-874,  yang juga sebagai Komandan Satgas Cassoex 2024, melaksanakan laporan kesiapan pemberangkatan Satgas Cassoex 2024 kepada Panglima Komando Armada III (Pangkoarmada III) yang diwakili Kepala Staf Koarmada III.

Kadispen Koarmada III/ Kolonel Laut (KH) R Doni Kundrat

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda